Langsung ke konten utama

Postingan

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

Download Aksi Nyata Topik Merdeka Belajar PMM

 

Download Contoh Aksi Nyata Topik Asesmen PMM

 

7 Langkah Persiapan Menghadapi OSN dengan Belajar Mandiri

Waktu perhelatan salah satu ajang bergengsi dalam dunia pendidikan yakni OSN sebentar lagi akan digelar. Bagaimana dengan persiapanmu? Bingung karena guru belum melakukan pembimbingan khusus? tenang... kamu bisa belajar mandiri kok. Materinya padat... sulit... pusing... Memang pusing jika kita tidak memiliki perencanaan, trik, dan tips yang baik. Berikut ini alternatif  langkah yang bisa kamu tempuh agar suskes dalam mengikuti OSN. Juara??? jangan dikejar... berusahalah berikan yang terbaik dan biarkan juara yang mengejarmu. Namun hal utama yang perlu kalian pahami bahwa mengikuti OSN tujuan utamanya bukanlah untuk juara, namun lebih kepada bagaimana kalian memiliki wadah untuk lebih meningkatkan pengetahan dan keterampilan kalian dalam menguasai mata pelajaran yang kalain minati. Terkadang guru kalian tidak punya waktu atau dengan alasan lain tidak  bisa memberikan kalian pembimbingan ekstra yang mungkin kalian butuhkan dalam mengikuti OSN. Berikut ini langkah belajar mandiri...

6 Langkah Persiapan Menghadapi OSN Tingkat Kabupaten

Berhasil membawa siswa lolos ke tingkat Provinsi dalam ajang bergensi OSN (Olympiade Sains Nasional) tentu bukanlah hal yang mudah, diperlukan stratergi dan kerja keras mengingat ketatnya persaingan, dimana semua siswa terbaik untuk tiap-tiap mata pelajaran se Kabupaten ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Berikut ini penulis akan membagikan pengalaman tentang trik-trik atau langkah-langkah dalam melakukan pembimbingan khusus kepada siswa dalam menghadapi OSN Tingkat Kabupaten.  1. Pemilihan Siswa Langkah awal dalam melakukan persiapan pembimbingan adalah dengan melakukan pemilihan siswa yang memiliki minat dalam mata pelajaran yang bersangkutan. Siswa yang memiliki nilai tertinggi dalam rapor belum menunjukkan bahwa siswa tersebutlah yang memiliki minat paling besar dalam mata pelajaran tersebut. Sebaiknya guru memilih siswa yang berminat dan tidak berdasarkan kepada nilai rapor yang ada. Siswa yang memiliki minat besar akan memiliki semangat belajar yang tinggi dan berusaha beke...

Ringkasan Materi Cara Menentukan KKTP (Kriterian Kertuntasan Tujuan Pembelajaran)

Pendidik perlu menetapkan kriteria atau indikator ketercapaian tujuan pembelajaran untuk mengetahui apakah peserta didik telah berhasil mencapai tujuan pembelajaran. Kriteria ini dikembangkan saat pendidik merencanakan asesmen, yang dilakukan saat pendidik menyusun perencanaan pembelajaran, yang dituangkan dalam modul ajar. Pendidik tidak disarankan untuk menggunakan angka mutlak (misalnya, 60, 75, dan sebagainya) sebagai kriteria. Yang paling disarankan adalah menggunakan deskripsi, namun jika dibutuhkan, maka pendidik diperkenankan untuk menggunakan interval nilai.  Kriteria yang digunakan untuk menentukan apakah peserta didik telah mencapai tujuan pembelajaran dapat dikembangkan pendidik dengan menggunakan beberapa pendekatan, di antaranya:  1. Menggunakan Deskripsi Kriteria Contoh: Menulis Laporan 2. Menggunakan Rubrik Contoh: Menulis Laporan   3. Menggunakan Skala atau Interval Nilai Contoh 1: Hasil Tes/Ujian Dengan menggunakan pemberian soal-soal ...

Buku Siswa dan Buku Guru Kurikulum Merdeka

Buku merupakan bagian yang paling esensial bagi seorang guru. Buku merupakan hal pertama dan utama yang wajib dimiliki oleg guru, dengan buku seorang guru akan mampu mengesplore pembelajarannya secara maksimal dan berkualitas. Guru yang cerdas adalah guru yang rajin membaca buku, karena dengan buku guru akan mendapatkan ilmu yang berlimpah yang dapat digunakannya dalam upaya mendongkrak percepatan peningkatan kualitas pendidikan di Indonesia. Seri ke-15 Merdeka Belajar yakni Kurikulum Merdeka dan Platform Merdeka Mengajar. Menurut Direktorat Pendidikan Dasar  Kurikulum Merdeka adalah kurikulum dengan pembelajaran intrakurikuler yang beragam di mana konten akan lebih optimal agar peserta didik memiliki cukup waktu untuk mendalami konsep dan menguatkan kompetensi. Guru memiliki keleluasaan untuk memilih berbagai perangkat ajar sehingga pembelajaran dapat disesuaikan dengan kebutuhan belajar dan minat peserta didik.  Projek untuk menguatkan pencapaian profil pelajar Pancasil...

Aksi Nyata Modul 3.3: Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

  Teman Desi (Temukan Masalah dan Desain Solusinya) Peristiwa (Fact) Deskripsi Singkat Aksi Nyata yang Telah Dilakukan 1.        Latar Belakang tentang Situasi yang Dihadapi Selama ini kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya hanya sebatas pemberian tentang teori kepada murid dan sangat jarang menyentuh tentang bagaimana murid mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mendesai pemecahan dari permasalahan isu global. Sementara tujuan utama dari belajar adalah bagaimana murid mampu memecahkan permasalahannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian tersebut maka kami mencoba untuk merancang sebuah program yang berpihak kepada peserta didik dimana bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam memecahkan sebuah permasalahan dengan terlebih dahulu mencari masalah dalam kehidupan sehari-hari atau isu global yang berkaitan dengan materi lalu kemudian mencoba mendesain solusi dari permsalahan t...

Koneksi Antar Materi

Mempelajari materi pengambilan keputusan sebagai pemimpin pembelajaran merupakan hal yang baru bagi saya, saya sangat membutuhkan materi ini kedepannya baik sebagai guru dalam kelas maupun sebagai guru yang setiap hari bergaul dengan rekan guru dan masyarakat. Berikut ini saya mencoba menghubungkan materi dalam pengambilan keputusan ini dengan materi-materi yang sudah dipelajari pada modul sebelumnya. P andangan Ki Hajar Dewantara dengan filosofi Pratap Triloka memiliki pengaruh terhadap bagaimana sebuah pengambilan keputusan sebagai seorang pemimpin pembelajaran diambil , filosofi tersebut mampu membentuk tiga jenis karakter pemimpin pembelajaran dalam menentukan hal-hal yang sebaiknya diambil dalam menentukan langkah yangtepat. Seorang guru harus menempatkan dirinya diposisi yang tepat apakah ditengah, di depan, ataupun di belakang sesuai dengan kondisi dan situasi saat itu. N ilai-nilai yang tertanam dalam diri kita tentunya sangat berpengaruh kepada prinsip-prinsip yang kita ...

Jurnal Refleksi Minggu ke-17 dengan Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

1. Facts ​ (Peristiwa) Seperti pada modul-modul sebelumnya, mengawali pembelajaran modul 3.1 pada Pelatihan Program Calon Penggerak ini diawali dengan aktivitas pembelajaran mulai dari diri. Dengan judul modul Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Disuguhkan pada sebuah kasus kemudian dimita menjawab beberapa pertanyaan,  Kegiatan selanjutnya adalah eksplorasi konsep dengan menonton beberapa video kasus lalu kita diminta untuk menganalisa satu per satu. Kegiatan ini terlebih dahulu dengan belajar mandiri lalu kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi. Terakhir kegiatan belajar minggu ini adalah kegiatan pembelajaran ruang kolaborasi, seperti biasanya dengan video confrence berdiskusi dengan kolompok dalam arahan fasilitator. Saya mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru kaitannya dalam pengambilan keputusan, saya merasa kesulitan karena banyaknya kasus dalam LMS yang merupakan masalah sehari-hari yang kadang saya alami dan sering saya saksikan namun saya be...