Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

Aksi Nyata Modul 3.3: Pengelolaan Program yang Berdampak pada Murid

 Teman Desi (Temukan Masalah dan Desain Solusinya)

Peristiwa (Fact)

Deskripsi Singkat Aksi Nyata yang Telah Dilakukan

1.       Latar Belakang tentang Situasi yang Dihadapi

Selama ini kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya hanya sebatas pemberian tentang teori kepada murid dan sangat jarang menyentuh tentang bagaimana murid mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mendesai pemecahan dari permasalahan isu global. Sementara tujuan utama dari belajar adalah bagaimana murid mampu memecahkan permasalahannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian tersebut maka kami mencoba untuk merancang sebuah program yang berpihak kepada peserta didik dimana bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam memecahkan sebuah permasalahan dengan terlebih dahulu mencari masalah dalam kehidupan sehari-hari atau isu global yang berkaitan dengan materi lalu kemudian mencoba mendesain solusi dari permsalahan tersbeut.

2.          Yang Dilakukan pada Aksi Nyata dan Alasan Mengapa Melakukan Aksi Tersebut

a.       Murid yang memiliki daya kreatifitas dalam menemukan masalah dan mendesain solusinya adalah murid yang memiliki sikap jujur, menghargai orang lain, dan bertanggung jawab dengan pilihannya

b.      Guru harus mempunyai sikap terbuka akan saran dan masukan dari orang lain, memberikan kesempatan kepada murid seluas-luasnya pengembangan diri, dan mengarahkan murid dengan baik.

c.       Kepala sekolah yang mendorong kepemimpinan murid harus memiliki sikap bertanggung jawab, terbuka, dan memberikan kepercayaan teerhadap langkah perbaukan dan pengembangan gury dan murid

3.          Hasil dari Aksi Nyata yang Dilakukan

Karena kegiatan ini baru beberapa hari dilaksanakan sehingga belum menunjukan hasil yang maksimal sesuai harapan. Namun demikian sudah menunjukan perubahan maindset bagi murid untuk lebih mengembangkan diri kaitannya dengan kemampuan memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan mencoba mendesai solusinya berdasarkan materi yang telah mereka pelajari. Disamping itu sudah menunjukan hubungan kolaborasi antara orang tua, murid, dan guru dalam keterlibatan mereka dalam pembelajaran.

4.       Foto Kegiatan


Diseminasi Program



Pelaksanaan program di Kelas
Peran Serta Orang Tua

Perasaan (Fellings)

                Saya merasa bahwa program “Teman Desi” ini adalah program yang sangat bermanfaat bagi peserta didik, selama melaksanakan kegiatan ini saya sangat bersemangat karena saya melakukankannya dengan tahapan perencanaan yang baik dengan alur BAGJA. Saya mengamati peserta didik juga antusias mengikuti pembelajaran ini karena pembelajaran yang sangat berbeda dari pembelajaran sebelum-sebelumnya. Mereka mengerjakan tugas sesuai dengan pilihannya dalam hal ini saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.

Pembelajaran (Findings)

                Pembelajaran saya rancang dengan harapan akan mendatangkan manfaat yang besar baik bagi murid secara pribadi dan akan kembali mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyakrakat luas nantinya dimana mereka akan mengabdikan diri. Pembelajaran inu saya rancang dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang memberikan kemerdekaan belajar bagi peserta didik. Kegiatan pembelajaran yang bermakna yang saya harapkan akan membekas diingatan peserta didik dan akan senantiasa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.

Penerapan Kedepam (Future)

                Kedepannya saya akan merancang pembelajaran ini lebih menarik lagi dan lebih variatif lagi sehingga peserta didik akan semakin tertarik dengan pembelajaran ini. Saya juga akan memperbaiki segala bentuk kekurangan dari program ini dengan rancangan pembelajaran yang lebih lengkap dengan ketersediaan waktu yang lebih banyak lagi. Saya akan menyusun karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan program ini sehingga bisa dibaca oleh banyak orang dan saya berharap bisa menjadi sumber inspirasi bagi guru, orang tua, dan peserta didik untuk sennatiasa menemukan masalah dan mendesai solusinya lalu kemudia berbagi sehingga apa yang dipelajari akan mendatangkan manfaat bagi orang banyak.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D