Teman Desi (Temukan Masalah dan Desain Solusinya)
Peristiwa (Fact)
Deskripsi Singkat Aksi Nyata yang Telah Dilakukan
1.
Latar
Belakang tentang Situasi yang Dihadapi
Selama ini kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan pada umumnya hanya sebatas pemberian tentang teori kepada murid dan sangat jarang menyentuh tentang bagaimana murid mampu menyelesaikan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari bahkan mendesai pemecahan dari permasalahan isu global. Sementara tujuan utama dari belajar adalah bagaimana murid mampu memecahkan permasalahannya dalam kehidupan sehari-hari. Berdasarkan uraian tersebut maka kami mencoba untuk merancang sebuah program yang berpihak kepada peserta didik dimana bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas peserta didik dalam memecahkan sebuah permasalahan dengan terlebih dahulu mencari masalah dalam kehidupan sehari-hari atau isu global yang berkaitan dengan materi lalu kemudian mencoba mendesain solusi dari permsalahan tersbeut.
2.
Yang
Dilakukan pada Aksi Nyata dan Alasan Mengapa Melakukan Aksi Tersebut
a. Murid yang memiliki daya kreatifitas dalam menemukan masalah dan mendesain solusinya adalah murid yang memiliki sikap jujur, menghargai orang lain, dan bertanggung jawab dengan pilihannya
b. Guru harus mempunyai sikap terbuka akan saran dan masukan dari orang lain, memberikan kesempatan kepada murid seluas-luasnya pengembangan diri, dan mengarahkan murid dengan baik.
c. Kepala sekolah yang mendorong kepemimpinan murid harus memiliki sikap bertanggung jawab, terbuka, dan memberikan kepercayaan teerhadap langkah perbaukan dan pengembangan gury dan murid
3.
Hasil
dari Aksi Nyata yang Dilakukan
Karena kegiatan ini baru beberapa hari dilaksanakan sehingga belum menunjukan hasil yang maksimal sesuai harapan. Namun demikian sudah menunjukan perubahan maindset bagi murid untuk lebih mengembangkan diri kaitannya dengan kemampuan memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari dan mencoba mendesai solusinya berdasarkan materi yang telah mereka pelajari. Disamping itu sudah menunjukan hubungan kolaborasi antara orang tua, murid, dan guru dalam keterlibatan mereka dalam pembelajaran.
4.
Foto
Kegiatan
Perasaan (Fellings)
Saya merasa bahwa program “Teman Desi” ini adalah program yang sangat bermanfaat bagi peserta didik, selama melaksanakan kegiatan ini saya sangat bersemangat karena saya melakukankannya dengan tahapan perencanaan yang baik dengan alur BAGJA. Saya mengamati peserta didik juga antusias mengikuti pembelajaran ini karena pembelajaran yang sangat berbeda dari pembelajaran sebelum-sebelumnya. Mereka mengerjakan tugas sesuai dengan pilihannya dalam hal ini saya menerapkan pembelajaran berdiferensiasi.
Pembelajaran (Findings)
Pembelajaran saya rancang dengan harapan akan mendatangkan manfaat yang besar baik bagi murid secara pribadi dan akan kembali mendatangkan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyakrakat luas nantinya dimana mereka akan mengabdikan diri. Pembelajaran inu saya rancang dengan menerapkan pembelajaran berdiferensiasi yang memberikan kemerdekaan belajar bagi peserta didik. Kegiatan pembelajaran yang bermakna yang saya harapkan akan membekas diingatan peserta didik dan akan senantiasa mereka terapkan dalam kehidupan sehari-hari.
Penerapan Kedepam (Future)
Kedepannya saya akan merancang pembelajaran ini lebih menarik lagi dan lebih variatif lagi sehingga peserta didik akan semakin tertarik dengan pembelajaran ini. Saya juga akan memperbaiki segala bentuk kekurangan dari program ini dengan rancangan pembelajaran yang lebih lengkap dengan ketersediaan waktu yang lebih banyak lagi. Saya akan menyusun karya tulis ilmiah yang berkaitan dengan program ini sehingga bisa dibaca oleh banyak orang dan saya berharap bisa menjadi sumber inspirasi bagi guru, orang tua, dan peserta didik untuk sennatiasa menemukan masalah dan mendesai solusinya lalu kemudia berbagi sehingga apa yang dipelajari akan mendatangkan manfaat bagi orang banyak.
Komentar
Posting Komentar