Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

Jurnal Refleksi Minggu ke-17 dengan Model 4F (Facts, Feelings, Findings, Future)

1. Facts (Peristiwa)

Seperti pada modul-modul sebelumnya, mengawali pembelajaran modul 3.1 pada Pelatihan Program Calon Penggerak ini diawali dengan aktivitas pembelajaran mulai dari diri. Dengan judul modul Pengambilan Keputusan sebagai Pemimpin Pembelajaran. Disuguhkan pada sebuah kasus kemudian dimita menjawab beberapa pertanyaan,  Kegiatan selanjutnya adalah eksplorasi konsep dengan menonton beberapa video kasus lalu kita diminta untuk menganalisa satu per satu. Kegiatan ini terlebih dahulu dengan belajar mandiri lalu kemudian dilanjutkan dengan forum diskusi. Terakhir kegiatan belajar minggu ini adalah kegiatan pembelajaran ruang kolaborasi, seperti biasanya dengan video confrence berdiskusi dengan kolompok dalam arahan fasilitator. Saya mendapatkan banyak pengalaman dan pengetahuan baru kaitannya dalam pengambilan keputusan, saya merasa kesulitan karena banyaknya kasus dalam LMS yang merupakan masalah sehari-hari yang kadang saya alami dan sering saya saksikan namun saya belum mampu mengambil keputusan yang tepat untuk itu. Sampai kemudian diperhadapkan pada 9 langkah pengambilan keputusan. Sebuah langkah yang sangat bermanfaat dalam pengambilan keputusan. Saya kesulitan mempelajari modul ini karena merupakan hal baru bagi saya, namun demikian saya tetap semangat mengikuti pembelajaran ini karena merupakan materi yang sangat esensial sebagai seorang guru.


2. Feelings (Perasaan)
Pembelajaran dengan materi yang baru selalu menjadi bagian yang menarik apalagi materi tersebut sangat kita butuhkan dalam aktivitas keseharian kita, saya merasa modul ini merupakan salah satu modul yang paling bermanfaat diantara sekian banyak modul sebelumnya. Mengapa? karena pengambilan keputusan kita sangat berpengaruh pada kondisi sekitar kita yang tentunya sebagai seorang guru akan sangat berdampak pada pembelajaran kita dan tumbuh kembangnya peserta didik kita. 
3. Findings (Pembelajaran)
Adapun beberapa pembelajaran yang saya dapatkan dalam pembelajaran selama sepekan ini adalah
a. Sebelum mempelajari modul kita mempunyai persepsi yang berbeda-beda dalam pengambilan keputusan, namun makin kesini kita memiliki persamaan pandangan karena adanya panduan materi pembelajaran.
b. Perbedaan antara dilema etika (ethical dilemma) dengan bujukan moral (moral temptation) adalah Pada dilema etika kita diperhadapkan pada dua pilihan yakni keduanya adalah pilihan yang benar dan benar sedangkan pada bujukan moral merupakan pilihan benar dan salah. 
c.. Dilema Etika
1. Individu lawan masyarakat (individuals vs Community)
2. Rada keadilan lawan rasa kasihan (Justice vs Mercy)
3. Kebenaran lawan kesetiaan (Fruth vs Loyality)
4. Jangka pendek melawan jangka panjang (Shor Term vs Long Term)
d. Nilai-nilai atau prinsip-prinsip yang mendasari seseorang dalam mengambil suatu keputusan yang mengandung unsur dilema etika.
1. Melakukan semi kebaikan orang bnayak
2. Menjunjung tinggi prinsip-prinsip/nilai-nilai dalam diri
3. Melakukan apa yang orang lain harapkan dari diri kita
Selain itu terdapat 3 prinsip lain dalam pengambuilan keputusan, yakni:
1. Berpikir berbasis hasil akhir (Ends Based Thinking)]
2. Berpikit berbasis peraturan (Rule Based Thinking)
3. Berpikir berbasis rasa peduli (Care Based Thinking)
e. Konsep Pengambilan Keputusan
1. Mengenali nilai-nilai yang saling bertentangan
2. Menentukan siapa yang terlibat
3. Kumpulkan fakta-fakta yang relevan dengan situasi
4. Pengujian benar atau salah (uji legal, uji intuisi, uji publikasi, dan uji panutan/idola)
5. Penyajian paradigma benar lawan benar
6. Melakukan prinsip resolusi
7. Investigasi opsi dilema
8. Buat keputusan
9. Lihat keputusna dan refleksikan
4. Future (Penerapan)
Kedepannya saya akan belajar menerapkan konsep pengambilan keputusan sebagai pemimpin belajaran ini kedam kelas pembelajaran saya maupun segala bentuk kegiatan/aktivitas disekolah. Bagi saya materi ini sangat berguna bagi saya kedepannya sehingga dari awal saya mengikuti pelajaran ini denagn sangat cermat.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D