Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

Jurnal Refleksi Pekan Ke-10 Model Driscoll

1) WHAT? (Deskripsi dari peristiwa yang terjadi)

- Apa yang terjadi?

Mulai dari diri adalah langkah awal setiap modul dalam LMS Program Guru Penggerak, disana digali pengetahuan awal yang merangsang kita untuk berpikir apa yang akan kita pelajari nantinya, Dilanjutkan dengan eksplorasi konsep yang memaparkan materi pembelajaran secara gamblang meskipun masih menimbulkan tanda tanya. Selanjutnya di dalam ruang kolaborasi berdiskusi dengan peserta dan mendapatkan penguatan dari fasilitator.

- Apa yang saya lihat/dengar/alami?

Saya mendapatkan pembelajaran tentang inti pembelajaran berdiferensiasi yakni pembelajaran terhadap siswa yang beragam dengan pemberian materi yang beragam pula. Diawali dengan penyusunan pemetaan peserta didik berdasarkan kesiapan, minat, dan profil yang melebur dalam proses, produk, dan konten.

- Apa reaksi saya pada saat itu?

Saya sangat tertarik dengan pembelajaran ini, pembelajaran ini adalah hal yang paling saya tunggu selama ini, yang ada dalam imajinasi saya namun saya tidak tahu bagaimana mengaplikasikannya. Saya merasa senang dengan materi ini meskipun masih ada ragu dalam hati saya apakah saya sanggup melaksanakannya atau tidak.

- Apa yang orang lain lakukan pada saat peristiwa itu terjadi?

Saya mendapatkan teman-teman saya memiliki reaksi yang sama dengan saya bahwa pembelajaran ini sangat menarik namun masih bertanya bisa atau tidak mengeksekusinya kelak dalam kelas.


2) SO WHAT? (Analisis dari peristiwa yang terjadi)

- Bagaimana perasaan saya pada saat peristiwa itu terjadi?

Setelah berdiskusi panjang dengan sesama peserta dan fasilitator akhirnya saya dan teman-teman merasa lega bahwa sudah mendapatkan titik terang dari pembelajaran ini. Mendapatkan tugas membuat pemetaan dan menyusun RPP adalah langkah yang memberikan pembelajaran lebih dari sebelumnya.

- Apakah yang saya rasakan sama/berbeda dengan orang yang mengalami kejadian yang sama?

Apa yang saya rasakan sama dengan yang dirasakan sesama peserta dalam diskusi kelompok kecil kami, bahwa pembelajaran ini akan sangat menarik apalagi disusun berdasarkan minat siswa masing-masing misalnya menari, melukis, menyanyi dan sebagainya.

- Apakah saya masih merasakan perasaan/dampak yang sama jika dibandingkan dengan perasaan/dampak langsung setelah peristiwa?

Saya sudah merakan hal yang berbeda dari pembelajaran mulai dari diri sampai ruang kolaborasi. Pengetahuan saya tentang pembelajaran berdiferensiasi sudah agak lumayan dan berharap mampu menerapkannya di kelas pembelajaran saya nantinya.

- Kecenderungan apa yang saya amati dari diri saya ketika menghadapi peristiwa serupa?

Saya akan mencoba mempraktekannya dalam aksi nyata nantinya, semoga pembelajaran ini memberikan nilai yang lebih bagi saya dan peserta lainnya untuk dapat mewujudkan profil pelajar pancasila.

- Mengapa saya bisa memiliki kecenderungan tersebut?

Karena saya adalah guru yang menyenangi tantangan meskipun saya memiliki banyak keterbatasan.

- Setelah mengalami peristiwa tersebut, apa hal yang berubah dari pendapat, pemikiran, atau apapun yang Anda yakini sebelumnya?

Bahwa selama ini saya memberikan pembelajaran kepada peserta didik saya secara seragam, namun setelah pembelajaran ini saya akan berusaha menyuguhkan pembelajaran yang beragam. Selama ini saya berpikir dan meyakini bahwa peserta didik akan pintar dengan perintah belajar yang saya terapkan, namun semua itu harus saya tinggalkan dan mencoba menerapkan pembelajaran yang beragam dengan karakteristik siswa yang tentunya juga beragam.






Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D