Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

Jurnal Refleksi Minggu ke-9 dengan "Gaya Round Robin"

Tidak terasa pekan ke-9 sudah berlalu dalam Program Pendidikan Guru Penggerak. Begitu banyak pengetahuan dan pengalaman baru yang saya dapatkan selama 9 pekan ini kaitannya dengan modul 1. Pada pekan ke-9 ini saya mendapatkan materi melalui kegiatan Elaborasi, Koneksi antar materi, Aksi nyata, dan Post test modul 1. 

                                            

Hal yang paling saya kuasai dalam pembelajaran ini adalah mengenai cara merancang aksi nyata dalam menerapkan konsep budaya positif, hal tersebut dikarenakan disana sudah disiapkan konsep yang akan diisi dan sangat lengkap serta mampu menuntun kita untuk merancang aksi nyata yang sangat kita butuhkan.

                                        

Hal yang belum saya kuasai dalam pembelajaran ini adalah saya belum mampu meraih nilai post test yang tinggi dikarenakan saat itu saya tidak merefleksi kembali pembelajaran sebelum memulai tes disebabkan banyaknya pekerjaan yang harus segera diselesaikan hari itu, namun hal tersebut tidak mengurangi semangat saya untuk terus mengukuti kegiatan Program Pendidikan Guru Penggerak ini karena bagi saya sebuah tes akhir bukan sebagai tolak ukur utama untuk kesusksesan kita sebagai guru penggerak, nilai untuk tes tertulis sangat dipengaruhi oleh banyak hal. Namun pengaplikasian ilmu yang didapatkan dalam kehidupan sehari-hari sesungguhnya itulah hal yang paling penting. Untuk meningkatkan hasil post test saya selanjutnya, saya akan merefleksi kembali materi dengan baik dan seksama sebelum memulai test.

                                            

Hal yang membingungkan saya dari pembelajaran ini adalah masa dimana saya mampu menerapkan konsep budaya positif namun saya merasa ragu untuk bisa konsisten menjalankannya secara kontinyu dan berkelanjutan. Hal-hal yang membuat saya bingung adalah banyaknya beban guru dari waktu ke waktu, sehingga terkadang mengabaikan beberapa hal. Harapan tetap ada bahwa meskipun terkadang mengabaikan namun saya selalu kembali untuk itu.                                                   





Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D