A. Latar Belakang
Membaca merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk menambah pengetahuan dan memberikan inspirasi dalam memecahkan permasalahan dalam kehidupan sehari-hari. Namun demikian, hasil observasi pada peserta didik SMP Negeri 1 Marioriwawo menyatakan bahwa minat dan daya membaca masih rendah yang dibuktikan dengan buku-buku yang dipajang di lorong literasi jarang yang menyentuhnya, ruang literasi juga demikian bahkan pengunjung di perpustakaan tidak mengalami peningkatan untuk tujuan membaca.
Namun dibalik itu, juga berdasarkan pengamatan bahwa peserta didik di SMP Negeri 1 Marioriwawo sangat gemar bermain gawai. Berselancar di dunia maya merupakan aktivitas yang melekat dalam diri peserta didik, membaca lewat internet pasti mereka lakukan meskipun terbatas pada tulisan pendek berupa brosur, kamus, peta konsep, pamplet, game, dan sejenisnya. Hal tersebut merupakan indikasi bahwa minat membaca tinggi dengan gawai meskipun daya membaca masih rendah. Mengapa demikian? karena mereka masih gemar membaca tulisan pendek sebagai indikator minat membaca yang tinggi, namun tidak tahan membaca lama utamanya tulisan yang panjang sebagai indikasi daya membaca yang masih kurang.
Kepala sekolah sebagai penentu kebijakan yang pertama dan utama di sekolah, tentunya dan selayaknya semua kegiatan di sekolah harus dengan seizinnya. Karenanya mengawali kegiatan membaca 1 hari 1 artikel ini terlebih dahulu disampaikan kepada kepala sekolah. Mendapatkan persetujuan dari kepala sekolah merupakan kekuatan dasar untuk melangkah ke tahap selanjutnya. Menyusun pembagian tugas untuk kelancaran kegiatan ini dibuat dengan mempertimbangkan banyak aspek terutama keterlibatan peserta didik. Selain itu sosialisasi dengan orang tua siswa mellaui grup WhatsApp, peserta didik mellaui aplikasi Google Meet dan WhatsApp serta rekan guru secara langsung.
b. Menyiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan
Langkah berikutnya adalah mempersiapkan sarana dan prasarana yang dibutuhkan diantaranya Handphone, kuota internet, akses layanan internet, dan template laporan peserta didik.
Pada tahap pertama ini dilaksanakan dengan membaca artikel tentang hobby yang dimiliki misalnya menari, olahraga, menulis, membaca, dan sebagainya. Laporan membaca dikirim melalui grup WhatsApp ataupun chat pribadi. Pada awalnya peserta didik cukup antusias namun agak kebelakang semangat membacanya menurun yang dibuktikan dengan kiriman judul dan ringkasan materi dari artikel yang dibacanya.
b. Tahap Kedua
Berdasarkan pelaksanaan pada tahap pertama, dilakukan perbaikan untuk tahap selanjutnya yakni sistem diubah dengan mengirimkan bacaan bebas yang berdasarkan pemilhan artikel dari guru. Guru langsung mengirimkan di grup WhatsApp link artikelnya kemudian peserta didik membaca lalu mengirimkan ringkasan materinya. Masih pada tahap pertama, pada awalnya peserta didik bersemangat membaca namun pada akhirnya belum menunjukan hasil sesuai yang diharapkan. Masalah baru dialami guru ketika kewalahan mengontrol hasil ringkasan siswa.
c. tahap Ketiga
Karena belum menunjukan hasil yang memuaskan, maka pada tahap ketiga ini guru mencoba mengirimkan link artikel dari blog pribadi yang isi materinya adalah ringkasan materi mata pelajaran yang sedang dipelajari dengan harapan peserta didik memiliki rasa ingin tahu yang tinggi. Selain itu dengan link blok pribadi, ringkasan materinya dikirim dikolom komentar yang dengan mudah dapat dikontrol oleh guru dan dapat dibaca oleh pembaca lain di dunia maya. Namun masih belum menunjukan perubahan seperti yang diharapkan. Selalu mengalami penurunan pembaca pada hari berikutnya.
Satu hal besar dalam pencapaian ini adalah niat meningkatkan daya membaca bagi peserta didik ini kemudian bisa berdampak ke orang lain, hal ini terbukti dengan banyaknya peserta didik yang membaca dan komentar di blog dengan sendirinya mengundang pembaca-pembaca lain datang berkunjung untuk ikut membaca artikel yang dibagikan tersebut. Dari 52 peserta didik yang dijadikan sample meningkat menjadi 257 pengunjung di blog tersebut sebagai indikator mampu menarik pembaca lain.
Komentar
Posting Komentar