Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak

 LK. 1.2.a.3. Mulai dari diri - Nilai-Nilai dan Peran Guru Penggerak


Hal Positif
PORSENI tentunya merupakan hal yang selalu berkesan dihati siapa saja, namun PORSENI yang paling berkesan bagi saya adalah sewaktu duduk di bangku SMA dimana setiap kegiatan PORSENI selalu ikut lomba mengarang dan selalu juara 3 di SMA Negeru 1 Watansoppeng, yang merupakan SMA terfavorite di Kabupaten kami dimasa itu. Hal ini kemudian sangat berdampak dalam kehidupan saya diusia kerja/usia aktif ini.
Hal Negatif
Sewaktu duduk di bangku Sekolah Dasar kelas 3, waktu itu kami diminta oleh guru agama menghafal 25 nama-nama nabi di rumah. Di sekolah hafalan kami dicek dan berapa nama nabi tidak diketahui maka sekian kali pukulan keras mendarat ditangan kecil kami sampai memerah. Waktu itu saya tidak menghafal 5 nama nabi sehingga saya mendapatkan pukulan sebanyak 5 kali. Yang paling menyakitkan jika dikenang ada teman saya hanya menghafal 5 nama nabi artinya dipukul 20 kali. Saat itu mungkin masih merupakan cara mengajar dan mendidik yang baik, namun saya merasa hal itu tidak berfaedah sama sekali dikemudian hari dalam kehidupan saya. Mengapa? karena sampai sekarang kalau diminta menghafal kembali 25 nama-nama nabi saya belum bisa dan kalau mau tahu nama-nama nabi tinggal searching di internet, dan yang paling penting menghafalnya saja tidak seberapa artinya jika dibandingkan dengan memaknai kehidupan dan perjalanan hidup nabi-nabi.

A.    Pertanyaan

 1.      Mengapa momen yang terjadi di masa sekolah masih dapat dirasakan dan mungkin masih dapat memengaruhi diri Anda di masa sekarang?

Hal yang selalu diingat di masa sekolah adalah hal yang bersifat tindakan nyata, berbeda, unik, dan berkesan. Selain itu peristiwa yang lucu, menyakitkan, menggembirakan, dan menjengkelkan juga merupakan bagian yang sulit dilupakan dimasa sekolah. Semua hal tersebut masih dapat mempengaruhi diri saya karena saya mendapatkan pendidikan dan pengajaran di sekolah yang saya yakini bahwa guru-guru saya semuanya ingin menuntun saya kepada hal yang baik untuk menuju masa depan yang lebih baik sehingga apa yang mereka ajarkan bagaimanapun caranya saya meyakini itu sebagai suatu kebenaran.

2.      Menurut Anda, apa saja peran dari seorang Guru jika dikaitkan dengan trapesium usia?

Bahwa peran guru dalam memberikan pendidikan dan pengajaran di usia sekolah sangat berpengaruh kepada kemampuan, keterampilan, dan tingkat keberhasilan dalam bekerja di usia aktif atau usia kerja. Peristiwa baik dan buruk akan masih tergambar jelas dimemori kita diusia tersebut sehingga seorang guru harus mampu menerapkan pengajaran dan pendidikan sebaik mungkin dan semaksimal mungkin untuk mengoptimalkan kemampuan anak. Diharapkan diusia kerja atau usia aktif anak akan dapat memberikan pelayanan yang terbaik bagi sekiarnya dan terutama juga meningkatkan kualitas taraf hidup mereka.

3.      Buatlah 1-2 kalimat yang dapat menggambarkan nilai-nilai yang Anda percayai sebagai seorang Guru, menggunakan kata-kata berikut: Guru, Murid, Belajar, Makna.

Dalam belajar, seorang murid seharusnya mendapatkan pelajaran yang mempunyai makna dari guru sehingga pelajaran tersebut dapat bermanfaat bagi hidupnya dan mengatasi permasalahan hidupnya dikemudian hari.


Komentar

  1. Mantap dinda...
    Sangat menginspirasi

    BalasHapus
  2. Ternyata Hobby menulis memang bakat, bukan hanya minat.. mantap bu guru..

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D