Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

Ringkasan Materi Perencanaan Berbasis Data

1. Apa dan Mengapa Perencanaan Berbasis Data?

Meskipun guru atau kepala sekolah sudah berpengalaman, namun mempergunakan asumsi dalam menentukan langkah penanganan masalah belum tentu tepat. Terkadang asumsi yang dibuat meleset dari perkiraan sehingga langkah penyelesaian yang telah ditentukan tidak mampu mengatasi masalah tersebut. Karenanya diperlukan data-data konkret dan valid sebelum menentukan program. Mengingat kebutuhan setiap sekolah yang berbeda-beda, maka analisa data berdasarrkan hasil asesmen nasional merupakan gambaran pencapaian sekolah dan juga menjadi acuan dalam menentukan kebutuhan sekolah dan masalah-masalah yang ada di sekolah tersebut. Perencanaan berbasis data untuk melahirkan program sekolah yang akan membantu siswa dalam meningkatkan capaian pembelajarannya dimana sekolah dapat menentukan program yang sesuai dan memaksimalkan peran siswa dan guru dalam layanan pendidikan yang terbaik. Perencananan berbasia data adalah sebuah perubaan kebiasaan untuk mendorong satuan pendidikan menyusun kegiatan peningkatan capaian pembelajaran berdasarkan fakta (sumber: PMM).

Tujuan pendidikan adalah profil pelajar pancasila, untuk mencapai tujuan tersenut dibutuhkan kurikulum sebagai petunjuk dan pedoman, kurikulum yang disuusn tidak hanya  terkait dengan pembelajaran didalam kelas, namun melipuri semua proses di dalam sekolah. Karenannya, diperlukan perencanaan yang bai dan untuk itu dibutuhkan data yang dan fakta berdasarkan rapor pendidikan yang hasilnya bersumber dari asesmen nasional. 

2, Bagaimana Proses Perencanaan Dilakukan?

Perencanaan yang efektif adalah perencanaan yang mampu meningkatkan kekuatan dan membenahi kelemahan. Adapun langkah-langkah PBD adalah a) mengidentifikasi masalah, berdasarkan capaian yang terdapat di dalam rapor pendidikan, kita mengidentifikasi hal-hal yang sudah baik dan yang belum baik atau masih membutuhkan peningkatan, b) melakuakn refleksi capaian, menentukan akar masalah dari hal-hal yang masih rendah yang terdapat di dalam rapor pendidikan, dan c) melakukan pembenahan, langkah menyusun program atau kegiatan yang berdasarkan identifikasi dan refleksi rapor pendidikan yang kesemuanya akan dituangkan di dalam RKT (Rencana Kerja Tahunan)

Rapor pendidikan merupakan sumber utama dalam PBD, rapor pendidikan merupakan data yang valid dan reliabel, namun sekolah dapat menggunakam sumber daya tambahan yakni warga sekolah. Kepala sekolah dapat mengumpulkan data dari warga sekolah yakni guru dan siswa melalui observasi, wawancara, dan survey. kepala sekolah merupakan penanggung jawab utama dalam PBD, kepala sekolah tentu tidak bisa melakuakn sendiri hal tersebut, karenanya perlu pelibatan guru, siswa, dan komite sekolah sehingga peningkatan layanan pendidikan akan maksimal. 

Hasil analisis rapor pendidikan dituangkan dalam RKT yang meliputi masalah, akar masalah, serta program dan kegiatan. Program dan kegiatan merupakan solusi dari akar masalah yang mana terdapat program dan kegiatan yang membutuhkan biaya dan tidak membutuhkan biaya. Program dan kegiatan yang membutukan biaya akan dituangkan di dalam RKAS (Rencana Kerja Anggaran Sekolah). Pemaparan lebih lengkapnya dapat disimak dalam materi berikut Download Materi PBD




Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D