Langsung ke konten utama

TRIK MENJAWAB SOAL USBN/UNBK IPA SMP

"Drama di Daun Hijau" Di sebuah daun hijau yang rimbun, terjadilah sebuah keramaian. Daun itu adalah rumah bagi berbagai karakter unik yang menjalankan misi penting: fotosintesis! Setiap pagi, Sang Matahari selalu datang tepat waktu, memancarkan sinarnya yang hangat. Semua penghuni daun itu menyambutnya dengan sukacita, kecuali Stomata si pintu kecil yang seringkali punya banyak alasan untuk malas membuka diri. "Panas lagi! Bukankah bisa ditunda sejam lagi?" keluh Stomata sambil menguap lebar. "Kau tahu, tanpa kita, tidak ada energi untuk semua tanaman ini," kata Klorofil, dengan nada sok tahu seperti biasa. Klorofil memang paling semangat kalau sudah bicara soal tugasnya menangkap cahaya. "Lihat ini!" serunya, memamerkan caranya menyerap sinar matahari dengan penuh kebanggaan. Sementara itu, Air dan Karbon Dioksida sudah menunggu di pintu masuk, siap untuk beraksi. Air selalu merasa paling penting, sementara Karbon Dioksida seringkali diabaikan ...

RINGKASAN MATERI DAN TRIK MENJAWAB SOAL GETARAN, GELOMBANG DAN BUNYI UN IPA SMP

1. Getaran
Getaran adalah gerakan bolak balik di sekitar titik kesetimbangan
1 getaran adalah gerakan dari A-B-C-B-A

Gambar 1: 1 getaran adalah gerakan dari A – B – C – B -A

2. Gelombang
Gelombang adalah getaran yang merambat energinya. Berdasarkan arah getaran dan rambatannya terbagi atas 2 yakni:
a. Gelombang transversal adalah gelombang yang memiliki arah getar tegak lurus dengan arah rambatannya.
b. Gelombang longitudinal adalah gelombang arah getar sejajar dengan arah rambatannya.


Gambar 2: 1 gelombang transversal: 1 puncak 1 lembah

Gambar 3: 1 gelombang longotudinal: 1 renggangan dan 1 rapatan

Persamaan:
λ = v x T          T = 1/f              λ = v/f
f = n/t              T = t/n             f = 1/T
t = n x T          T = t/n
s = n x λ          λ = s/n
T = 2                f = 1/2
T = 2                    f = 1/2
keterangan:
λ = panjang gelombang (meter=m)
v = cepat rambat gelombang (m/s)
n = jumlah gelombang
f = frekwensi (Hertz=Hz)
T = periode (sekon)
t = waktu (sekon=s)
s = jarak tempuh gelombang (meter = m)
l = panjang tali (m)
g = percepatan gravitasi (m/s2)
m = massa (kg)
k = konstanta pegas (N/m)
BUNYI
Persamaan:
v = s/t
l = ¼ λ(2n-1)
2s = v.t
Keterangan :
v = cepat rambat bunyi (m/s)
s = jarak tempuh bunyi (meter = m)
t = waktu yang diperlukan (sekon = s)
TRIK
Sebenarnya mudah menghafal rumus-rumus di atas akan tetapi terkadang kita tidak bisa membedakan atau memaknai poin demi poin atau besaran demi besaran. Berikut beberapa hal yang perlu dimaknai untuk memudahkan menjawab soal getaran dan gelombang
Maknai dan pahami jarak 1 getaran, 1 gelombang transversal, 1 gelombang longitudina (maknai gambar di atas)
Frekuensi (F) dan periode (T): Frekuensi (jumlah getaran dalam 1 sekon) periode (waktu untuk 1 getaran atau 1 gelombang). Sehingga satuan periode adalah sekon
Panjang gelombang (λ) dan jarak gelombang (s): panjang gelombang (λ) artinya panjang 1 getaran atau 1 gelombang sedangkan jarak (s) adalah berapa saja jumlah gelombang.
Diusahakan soal selalu diarahkan ke dalam 1 getaran atau 1 gelombang
Amplitudo (A) adalah simpangan terbesar
CONTOH SOAL UN 2018


Analisa Soal
Diketahui:
n = 2,5
t = 4 sekon

s = 90 cm = 0,9 m
Ditanyakan: v ... ?
Jawab:
v = λ/T
Bawa ke dalam 1 getaran atau 1 gelombang
T = t/n = 2,5/5 = 0,5
λ = s/n = 90/3 = 30 m
v = 30/0,5 = 37,5 m/s  
Jawaban : A











Komentar

  1. mari gabung bersama kami di Aj0QQ*c0M
    BONUS CASHBACK 0.3% setiap senin
    BONUS REFERAL 20% seumur hidup.

    BalasHapus
  2. Nama:Khayla Syifa Al Djufri
    Kelas:8.4

    a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?

    1 gelombang = 1 bukit 1 lembah maka pada gambar ada 1,5 gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.

    Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.

    Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.

    Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka

    1,5λ=30

    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat gelombang

    v=λ/T

    v=20/1,5

    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.

    n=t/T

    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  3. Nama:A.yusran pahresi
    Kelas :8,4

    1. berapa jumlahgelombang yang
    ada diatas?
    Jawab;1 bukit 1 lembah maka p
    Ada gambar ada 1,5 gel
    Omnbang
    2.tentukan jumlah gelombang
    selama 2 menit
    Jawab;N;t/T
    N;120/1,5:80

    BalasHapus
  4. Nama :kurnia rhamadani
    Kelas :8.4

    a. Berapa jumlah gelombang pada
    gambar di atas?
    °1 gelombang = 1 bukit 1 lembah maka pada gambar ada 1,5 gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.
    °Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.
    °Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.
    Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka
    °1,5λ=30
    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat gelombang
    °v=λ/T
    v=20/1,5
    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.
    °n=t/T
    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  5. Nama:futri
    Kelas:8.4
    a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?

    1 gelombang = 1 bukit 1 lembah maka pada gambar ada 1,5 gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.

    Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.

    Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.

    Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka

    1,5λ=30

    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat gelombang

    v=λ/T

    v=20/1,5

    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.

    n=t/T

    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  6. Nama:Nurul Fatmah
    Kelas :8.4

    a. Beberapa Jumlah Gelombang
    Pada Gambar Di atas
    =1 Gelombang : 1 Bukit
    1 Lembah Maka Pada Gambar
    Ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama:Nurul Fatmah
      Kelas :8.4

      a. Beberapa Jumlah
      Gelombangg
      Pada Gambar Di atas
      =1 Gelombang : 1 Bukit
      1 Lembah Maka Pada
      Gambar 1,5 Gelombang

      b. Tentukan amplitudo gelombang.
      Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

      c. Tentukan periode gelombang.

      Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

      d. Tentukan panjang gelombang.

      Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka

      1,5λ=30

      λ=20 cm

      e. Tentukan cepat rambat gelombang

      v=λ/T

      v=20/1,5

      v=13,33 cm/s

      f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.

      n=t/T

      n=120/1,5=80

      Hapus
  7. Nama: Keysyah sry rahayu
    Kelas : 8.4B
    a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?

    1 gelombang = 1 bukit 1 lembah maka pada gambar ada 1,5 gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.

    Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.

    Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.

    Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka

    1,5λ=30

    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat gelombang

    v=λ/T

    v=20/1,5

    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.

    n=t/T

    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  8. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  9. Amanda meylani putri
    Kls:8.4
    A.11/2=1,5 gelombang
    B.2 cm
    C.periode (T)=1,5 sekon
    D.=1/n
    =30/1,5
    =20 cm
    E.=20/1,5
    = 13,33 cm
    F.=1,5=120/n
    =n=120/1,5
    =n=80 gelombang

    BalasHapus
  10. Nama : Dwi Istiqamah
    Kelas : 8.4A

    a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?
    b. Tentukan amplitudo gelombang
    c. Tentukan periode gelombang
    d. Tentukan panjang gelombang
    e. Tentukan cepat rambat gelombang
    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit
    Diketahui :
    - t = 1 menit = 60 sekon
    - n = 40

    Jawaban :
    a. Panjang gelombang = 1,5 gelombang
    b. A = 0,02 m
    c. - Periode (T) = t/n = 60 / 40 = 1,5 sekon
    d. λ = 20 cm (dari A ke C)
    e. v = λ / n = 20 / 1,5 = 13,3 cm/s
    f. n = t / T = 120 / 1,5 = 80 gelombang

    BalasHapus
  11. Emilia hertika Sari
    8.4B
    19-093


    a. Berapa jumlah gelombang pada gambar di atas?
    =1 gelombang = 1 bukit 1.
    lembah.
    maka pada gambar ada 1,5.
    gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.
    =Amplitudo adalah simpangan.
    terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.
    =Periode adalah waktu satu.
    gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.
    =Pada gambar 30 cm untuk.
    1,5 gelombang maka
    1,5λ=30
    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat.
    gelombang
    =v=λ/T
    v=20/1,5
    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.
    =n=t/T
    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  12. Nama:AisyahNurfadila
    Kelas:8.4. Berapa jumlah

    gelombang pada gambar di atas?
    =1 gelombang = 1 bukit 1.
    lembah.
    maka pada gambar ada 1,5.
    gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.
    =Amplitudo adalah simpangan.
    terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.
    =Periode adalah waktu satu.
    gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.
    =Pada gambar 30 cm untuk.
    1,5 gelombang maka
    1,5λ=30
    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat.
    gelombang
    =v=λ/T
    v=20/1,5
    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.
    =n=t/T
    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  13. Nama:Amanda amiruddin
    Kelas:8.4

    a. Berapa jumlah gelombang pada
    gambar di atas?
    °1 gelombang = 1 bukit 1 lembah maka pada gambar ada 1,5 gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.
    °Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.
    °Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.
    Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka
    °1,5λ=30
    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat gelombang
    °v=λ/T
    v=20/1,5
    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.
    °n=t/T
    n=120/1,5=80

    BalasHapus
  14. Nama:Evan sasi zaymuri
    Kelas:8.4

    a. Berapa jumlah gelombang pada
    gambar di atas?
    °1 gelombang = 1 bukit 1 lembah maka pada gambar ada 1,5 gelombang

    b. Tentukan amplitudo gelombang.
    °Amplitudo adalah simpangan terjauh yakni A=2cm

    c. Tentukan periode gelombang.
    °Periode adalah waktu satu gelombang T=1,5

    d. Tentukan panjang gelombang.
    Pada gambar 30 cm untuk 1,5 gelombang maka
    °1,5λ=30
    λ=20 cm

    e. Tentukan cepat rambat gelombang
    °v=λ/T
    v=20/1,5
    v=13,33 cm/s

    f. Tentukan jumlah gelombang selama dua menit.
    °n=t/T
    n=120/1,5=80

    BalasHapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

RINGKASAN MATERI BUDIDAYA TANAMAN OBAT

Budi Daya Tanaman Obat A. Jenis-Jenis Tanaman Obat 1.       Temulawak Rimpang temulawak sudah lama digunakan sebagai bahan ramuan obat oleh masyarakat Indonesia untuk mengobati penyakit maag, sembelit, sariawan, cacar air, asma, dan sakit kepala. 2.       Jeruk Nipis Buah jeruk nipis yang sudah tua rasanya asam. Buah jeruk nipis dapat mengobati penyakit batuk, influenza, demam, sembelit, dan bau badan 3.       Sirih Daun sirih umumnya digunakan untuk mengobati penyakit bau mulut, sakit gigi, keputihan, 4.       Patah Tulang Hampir seluruh bagian tanaman patah tulang dapat digunakan sebagai obat. Akar dan rantingnya dapat mengobati penyakit lambung, rematik, dan nyeri syaraf. Bagian batang kayu dapat digunakan sebagai obat penyakit kulit, sakit gigi, dan radang telinga. Getahnya dapat mengobati sakit gigi, tetapi jika terkena mata, dapat menyebabkan kebutaan. Caban...

Download Format Penilaian K 13

Assalaamu Alaikum Warahmatullaahi Wabarakaatu Bapak dan bu guru yang kami hormati ! Berikut ini salah satu contoh format penilaian K13. Mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi bapak dan ibu guru. Penilaian Sikap (Afektif)/Jurnal Penilaian Pengetahuan (Kognitif) 1.  Analisis Ulangan Harian 2.  Rekapitulasi Nilai Pengetahuan Penilaian Keterampilan (Psikomotorik) 1.  Format Penilaian Praktek 2.  Contoh Penilaian Praktek 3.  Format Penilaian Produk 4.  Contoh Penilaian Produk 5.  Format Penilaian Proyek 6.  Format Penilaian Fortofolio 7.  Contoh Penilaian Portofolio 8.  Rekapitulasi Nilai eterampilan Selanjutnya nilai diinput masuk ke dalam aplikasi. Berikut ini contoh aplikasi penilaian K13 created by. A. Saharuddin, S.Pd., M.Pd. (Pengawas Matematika Kabupaten Soppeng Sul-Sel) Aplikasi Rapor 13 Demikian contoh aplikasi penilaian K13 dari kami. Saran dan kritikan yang membangun senantiasa kami tunggu dari pembaca sekali...

TRIK MENJAWAB SOAL GEJALA ALAM BIOTIK DAN ABIOTIK UN IPA SMP

BIOTIK DAN ABIOTIK MATERI Ekosistem terdiri dari: 1.       Komponen biotik (hewan, tumbuhan, manusia, dan mikroorganisme) gejalanya: hama wereng yang menyerang tanaman padi di sawah 2.       Komponen abiotik (air, tanah, cahaya, udara, sinar matahari, dll) gejalanya: angin bertiup, gunung api meletus TRIK Bio tik (makhluk hidup ) A biotik (makhluk tak hidup) CONTOH SOAL UN 2018 ANALISA SOAL Bio=hidup (Lumpur) Ikan mujair: air tawar Kangkung: air dan darat Kepiting: air dan lumpur Belut: lumpur Udang: air tawar Kerang: dasar laut Siput: darat Lele: lumpur Jawaban: D